Jumat, 12 November 2010

Bisnis Ikan Arwana yang Menggiurkan

Siapa yang tidak kenal dengan ikan arwana?? Tentu semua orang telah mengetahui dan pernah melihat ikan yang satu ini. Ya, ikan yang dijuluki dengan Raja dari ikan hias ini memang sangat terkenal karena bentuk tubuhnya yang gagah dan mempesona serta warna sisiknya yang sangat indah. Tidak heran kalau ikan yang dianggap bagi sebagian orang ini sebagai ikan keberuntungan memiliki daya jual yang sangat tinggi. Dari berbagai jenis Arwana yang ada, Arwana Super Red didaulat sebagai kasta tertinggi Arwana karena keindahan dan mitos yang menyelimutinya. Dengan kasta tertinggi itu pula, maka wajar jika harga ikan Arwana terutama jenis Super Red bisa mencapai harga yang dianggap luar biasa mahal bagi orang awam, yaitu bisa mencapai Rp 500 juta. Untuk anakan Super Red yang paling kecil, dipasarkan dengan harga berkisar Rp 3,5 juta. Sungguh harga yang sangat ekstrim bagi masyarakat pemula yang ingin menekuni bisnis ikan ini.
Memelihara ikan Arwana merupakan investasi yang sangat menjanjikan, karena bisnis ikan Arwana terutama jenis Super Red sangat tinggi peminatnya terutama di luar negeri. Para peternak Arwana di Indonesia malah sering mendapatkan permintaan dari luar negeri dan itu juga menyebabkan harga ikan arwana semakin meningkat.
Singapura, China, Thailand, Kanada, dan negara-negara di Eropa, adalah pengimpor terbesar Arwana dari Indonesia. Potensi Arwana di Indonesia masih diakui sebagai yang terbaik. Peluang bisnis di Ikan Arwana sangat menjanjikan di samping menyalurkan hobi.
ikan Arwana Super Red

Perawatan ektra juga sangat dibutuhkan dalam pemeliharaan ikan arwana ini. Karena jika tidak akan membuat ikan terserang penyakit dan akhirnya mati. Untuk arwana jenis Super Red perawatannya lebih sulit dengan jenis Arwana lainnya. Jenis Super Red ini bisa dibilang cukup rewel dan sangat riskan sakit jika tak dirawat dengan baik. Misalnya untuk air saja, harus dilakukan penggantian air dua kali seminggu dan harus air tawar yang sudah diendapkan sehari semalam. Untuk makanannya harus diberikan jenis pakan yang mengandung beta karoten agar bisa menambah kilau warnanya, misalnya udang atau kelabang.

Untuk para pemula yang ingin memelihara ikan arwana disarankan untuk memelihara secara bertahap. Karena menghindari segala resiko pada ikannya. Untuk Arwana Super Red ini biasanya dipelihara oleh para pebisnis arwana yang telah lama menggeluti dunia Arwana, karena mereka telah tau seluk beluk dari ikan ini.

sumber gambar : google
referensi : http://www.tribun-timur.com/read/artikel/61548

2 komentar:

  1. wah boleh juga tuh neng..mantaaaff..

    BalasHapus
  2. Peluang usaha yang cukup menggiurkan,,tetapi jika ditinjau dari segi modelnya pasti membutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis ini

    BalasHapus