Senin, 07 November 2011

Lidah Buaya Khas Pontianak



Malem- malem gini tiba- tiba aja saya pengen banget minum yang seger- seger. Tapi apa yah yang bisa diminum, sedangkan dikosan gak ada apa- apa selain air putih di dispenser. Kesel juga sih, jadi ngidam yang seger- seger, malah gak kesampean. Jadi inget waktu di kampung halaman ada minuman khas yang selain enak dan seger juga banyak manfaat yang terkandung di dalemnya. Apa lagi kalo diminum saat siang hari yang panas, bisa jadi penyembuh dahaga dikala haus...(jiiiaaahh lebay). Yah, Es Lidah Buaya. Salah satu minuman favorit yang hanya ada di Pontianak. Pasti para pembaca pada heran yee, kok lidah buaya bisa diminum? kan cuma buat penyubur rambut doang? Nah, kali ini bakal ngulas tentang manfaat dari lidah buaya, yang bukan hanya untuk bahan dasar penyubur rambut, tetapi banyak sekali manfaat dan bisa diolah menjadi berbagai macam bahan makanan yang tentunya menjadi kekhasan dari daerah kelahiran saya Pontianak, Kalimantan Barat.
es lidah buaya
1. Lidah buaya bisa dijadikan minuman yang super seger dan enak. Es lidah buaya juga dipercaya dapat mengobati panas dalam dan sariawan. Ternyata lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.  Makanya, gak heran kalo kita lagi panas dalam ato sariawan banyak- banyak minum es lidah buaya, dijamin ampuh deh. Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan atau pengen langsing, lidah buaya juga bisa dijadikan salah satu alternatif minuman herbal pembantu penurun berat badan loh, tapi yah tentunya gak pake es..percuma dong kalo gitu..hehehe..

2. Lidah buaya bisa dijadikan Dodol. Pasti baru denger juga yah? Yah, dodol lidah buaya adalah salah satu makanan khas dari Pontianak. Jadi, kalo pada pengen nyobain tu dodol, silahkan dateng aja ke Pontianak khususnya di daerah PSP dimana banyak sekali menjual oleh- oleh khas Kalimantan Barat. Widiiih, dijamin ketagihan deh sama dodol lidah buaya. Karena memang rasanya khas, kenyal, pastinya juga manis dan enak banget.
dodol lidah buaya
3. Lidah buaya bisa dijadikan manisan. Bentuknya lucu, kotak- kotak gitu dan warnanya sangat menarik. Gak kalah sama permen impor lolipop. Manisan lidah buaya juga manis dan menarik karena dibungkus dengan sedemikian rupa sehingga anda pasti gak nyangka kalo tu manisa dari lidah buaya. hehehe.

4. Lidah buaya bisa dijadikan obat penyembuh luka bakar. Misalnya luka bakar terkena knalpot motor ataupun luka bakar karena terbakar matahari, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai obat luar penyembuh luka. Baluri lidah buaya ke bagian yang terakena luka, lalu diamkan beberapa saat. Maka dipercaya akan mengurangin rasa sakit dan menyembuhkan luka.

Untuk sementara segini dulu deh reportasenya. Kapan- kapan bakal dishare lagi tentang berbagai macam hal- hal yang unik dan khas dari daerah Pontianak, Kalimantan Barat. Bangga dengan kebudayaan dan kekhasan daerah kita masing- masing, karena kalo bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi? bener gak? see yaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar