Kamis, 08 November 2012

Resensi Film The Adventures of TINTIN


the-adventures-of-tintin-movie-poster.jpg
Masih ingatkan anda tentang film kartun era 90an yang mempilkan tokoh wartawan remaja dengan wajah bulat, pipi merona, dengan jambul yang khas serta selalu ditemani oleh anjing putih yang setia? Siapa lagi kalau bukan TINTIN. Yah, tahun 2011 yang lalu para penggemar film animasi Tintin diberikan kejutan dengan kehadiran film terbarunya dalam bentuk 3 dimensi yang berjudul THE ADVENTURES OF TINTIN. Saya sendiri sangat menyukai film animasi yang sangat melengenda ini.

Penokohan
Tintin (Jamie Bell) yang menjadi tokoh utama dalam film ini merupakan seorang wartawan muda yang memiliki rasa penasaran yang tinggi akan sesuatu misteri yang kadang dapat menuntunnya pada masalah besar dengan risiko tinggi. Di saat yang sama, naluri itu juga yang membawa Tintin bertemu banyak karakter menarik termasuk Captain Haddock (Andy Serkis). Kali ini, petualangan Tintin bakal sepenuhnya melibatkan kapten kapal yang hobi mabuk dan memaki-maki ini. Dan yang lebih menarik lagi, ada harta karun yang tak ternilai harganya menunggu untuk ditemukan.

Sinopsis
Petualangan bermula dari sebuah replika kapal Unicorn yang dijual di pasar loak. Tintin tertarik pada kapal ini karena detilnya yang sangat mengagumkan. Celakanya, ada beberapa orang yang ternyata juga berminat pada kapal ini. Bukan sekedar berminat, mereka siap melakukan apa saja untuk memiliki kapal kecil ini. Jelas saja ini membuat naluri penyelidik Tintin tergugah. Pasti ada sesuatu yang istimewa dari kapal replika ini.
Tintin ternyata bukanlah satu-satunya orang yang memiliki replika kapal Unicorn. Captain Haddock juga punya kapal replika yang benar-benar sama. Malahan, menurut Capatain Haddock, kapal Unicorn adalah kapal yang berlayar di bawah komando nenek moyang Captain Haddock. Kapal ini jadi target bajak laut bernama Red Rackham (Daniel Craig) namun harta yang tersimpan di dalamnya tak pernah ditemukan.

Kelebihan dan Kekurangan
Secara keseluruhan film ini memang sangat keren dan bisa memukau para penontonnya, karena dengan disertai animasi- animasi modern yang dibuat oleh animator terkenal dunia. Salah satunya ada yang berasal dari tanah air Indonesia yaitu Rini Sugiarto. Dengan durasi film 107 menit, penonton dibuat terkagum- kagum serta kadangkala tertawa karena memang film ini merupakan animasi komedi yang memberikan kesan lucu disela- sela filmnya. Untuk kekurangannya menurut saya hampir tidak ada alias nyaris sempurna, hanya saja perlu diberi tambahan efek- efek yang lebih menegangkan agar penonton semakin penasaran. Kisah Tintin memang bukan kisah yang asing. Komik karya Herge ini sempat begitu populer beberapa tahun yang lalu. Jadi layak kalau Steven Spielberg dan Peter Jacksonbegitu berminat mengangkat kisah petualangan jurnalis muda ini ke layar lebar. Memang tak semua film adaptasi komik bisa sukses namun dengan sederet nama besar yang sudah berpengalaman, rasanya cukup aman untuk mengatakan kalau The Adventures of Tintin ini layak untuk ditunggu.

Genre
:
Animasi
Tanggal Rilis
:
21 Desember 2011
Sutradara
:
Steven Spielberg
Pemain
:
Jamie Bell, Andy Serkis, Simon Pegg, Nick Frost, Daniel Craig
Naskah
:
Steven Moffat, Edgar Wright, Joe Cornish
Produser
:
Sir Peter Jackson, Steven Spielberg, Kathleen Kennedy
Distributor
:
Columbia Pictures
Durasi
:
107 menit
Dana Produksi
:
-
Situs Resmi
:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar