Rabu, 02 Maret 2011

Rahasia Sehat di Balik Buah- Buahan

Seperti yang kita ketahui, buah- buahan banyak sekali mengandung vitamin dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, buah- buahan juga merupakan alternatif yang baik dan murah dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit yang ringan seperti batuk, sariawan, demam, hingga penyakit yang berat alias yang sudah membahayakan seperti jantung, kangker, dan lain- lain. Tetapi apakah anda tahu jenis buah apa sajakan yang dapat bermanfaat itu? Mari kita simak penjelasan di bawah ini :

1. Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan pisang? Buah yang selalu di identikan dengan makanan kesukaan monyet ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita. Pisang banyak sekali mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti jantung dan stroke. Pisang yang juga dapat mengurangi asam lambung dalam tubuh sehingga dapat menyembuhkan gangguan pada lambung seperti maag.  Selain itu bagi ibu hamil buah pisang sangat di anjurkan untuk dikonsumsi, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel- sel baru dan mampu mencegah cacat bawaan. Pisang juga di percaya mampu mengobati penyakit stres karena pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.
Bila ingin menghilangkan berat badan, caranya gampang. Setiap hari konsumsilah empat buah pisang dan empat gelas susu non fat atau susu cair dalam sehari. Lakukan selama tiga hari dalam seminggu.
Dari pisang dan susu tersebut, Anda mendapatkan 1,250 kalori. Menu ini cukup menyehatkan bagi tubuh Anda. Selain menurunkan berat badan, diet pisang juga membantu kulit wajah menjadi lebih bersih dan tidak berminyak. 
Sedangkan yang ingin menambah bobot tubuh, konsumsilah satu gelas banana shake yang dicampur madu, kacang dan mangga, sesudah makan. Menu ini bila dikonsumsi setiap hari, akan membantu menaikkan berat badan. Belum banyak yang tahu, bahwa pisang ternyata juga mampu membantu perokok mengatasi kecanduan nikotin. Kandungan vitamin B6 dan B12 yang terdapat di pisang, dapat menetralisir pengaruh nikotin dalam tubuh. Bahkan enzim bromelain yang terkandung di pisang pun, terbukti dapat meningkatkan libido pria. 

2.  Buah Anggur
Nah, bagi anda yang ingin menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi dan menyehatkan kulit, disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah anggur. Mengapa? karena menurut The George Mateljan Foundation, anggur memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa. Tiap 100 gram anggur paling tidak 25 komponen gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Kandungan mineral dalam anggur yang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh antara lain mangan. Zat itu sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga dapat membantu menjaga kestabilan gula dalam darah. Mangan juga diperlukan tubuh untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.
Anggur disebut mengandung karotenoid dan likopen yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut dikenal luas akan kemampuannya menghambat berbagai penyakit tubuh. Kandungan antioksidan dalam anggur tersebut sudah diyakini kalangan luas sebagai pelindung sel dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan beberapa penyakit akibat penuaan.
Kandungan vitamin C, B6, K dan B1 dalam anggur juga tinggi dengan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C buah anggur dapat meningkatkan imunitas dan penyembuhan luka. Kandungan B6 pada anggur juga sangat penting untuk otak agar dapat berfungsi normal.
Kulit anggur juga memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin.
Resveratrol ditemukan pada sebagian besar kulit buah anggur. Penelitian beberapa tahun terakhir menyimpulkan, resveratrol kemungkinan dapat membantu awet muda dan mencegah kanker.
Khasiat lain yang dimiliki anggur adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglikemi karena kandungan gula alaminya yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Jus anggur dipercaya dapat mencegah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit infeksi virus seperti influenza, polio dan herpes.
Selain itu, biji anggur juga diyakini mengandung mineral, seng dan mangan yang bermanfaat bagi tubuh.
Mulai dari sekarang kita makan anggur jangan buang bijinya, karena juga bermanfaat.

3. Stroberi
Bentuknya unik, cantik, dan warnanya yang merah menawan membuat siapa saja tertarik dengan buah yang satu ini. Yah, stroberi memang dikenal dengan sebutan buah cinta karena penampilanya yang khas. Selain cantik, buah ini juga memiliki khasiat yang tak kalah baiknya, salah satu contoh yang simple dapat memutihkan gigi. Caranya mudah, tinggal baluri saja gigi anda dengan sebuah stoberi, diamkan beberapa menit kemudian kumur- kumur dengan segelas air, maka gigi anda akan bersih dan putih. Selain itu stoberi juga dapat mencegah berberapa penyakit wanita seperti mencegah kangker payudara dan kangker leher rahim. 

4. Jeruk

Rasanya manis tetapi ada juga yang asam tergantung jenis- jenis jeruk yang anda makan. Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C yang efektif mengobati sariawan atau bibir pecah- pecah. Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.
Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.
Sebaliknya, jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.

5. Melon

Sekitar 95% daging buah melon mengandung air, sehingga bisa memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. Karena mempunyai sifat menyegarkan, buah melon dapat meredakan rasa panas dalam perut. Buah melon banyak mengandung Vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.
Kandungan nutrisi buah melon adalah 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.
Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah melon dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi ada baiknya Anda mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.

1 komentar:

  1. makasih yah infonya.
    saya emang suka buah- buahan.

    BalasHapus