Jumat, 04 Mei 2012

Reportase Bingke Pontianak

Saat ini usaha kuliner di berbagai macam daerah semakin berkembang, mulai dari makanan tradisional hingga ke makanan modern. Begitu pula dengan jajanan khas, sudah semakin bervariasi dengan berbagai macam pilihan rasa. Kali ini saya akan membahas tentang jajanan khas dari kota asal saya yaitu Pontianak, Kalimantan Barat. Beberapa hari yang lalu saya berhasil mewawancarai salah seorang rekan saya yang kebetulan telah membuka usaha toko kue bingke di Pontianak. Berikut adalah hasil wawancara saya dengan beliau.

Sudah berapa lama anda membuka usaha bingke ini?
Saya memulai usaha bingke ini sejak 1 tahun yang lalu hingga sekarang. Yaitu sekitar Februari  2011 yang lalu.

Mengapa anda memilih untuk membuka usaha di bidang kue bingke ini? apakah ada hal khusus yang membuat anda memutuskan usaha ini? Misalnya saran dari teman atau meneruskan usaha keluarga?
Pada awalnya saya memang penggemar kue ini dan saya juga sering membuatnya dirumah. tetapi suatu hari ada teman saya yang pernah menyarankan saya untuk membuka usaha bingke karena menurut beliau bingke buatan saya ini enak dan lembut. Saya juga berinisiatif untuk membuka usaha, kerena menurut saya kue bingke ini merupakan makanan khas dari sini (Pontianak), dan keluarga juga mendukung. Selain bisa untuk melestarikan bingke saya juga bisa menambah penghasilan, dan ternyata penggemar dari kue bingke saya ini lumayan banyak. 

Dalam usaha bingke ini, apa saja kendala yang telah anda hadapi?
Kalau masalah kendala yang dihadapi pasti ada, cuma bagaimana cara kita untuk menimalisir kendala2 itu agar tidak menghambat usaha saya. Kendala- kendala itu seperti ada beberapa pelanggan yang meminta bingke yang dibuat sedikit basah atau kering. Ada juga yang meminta bingke yang dibuat agak gosong, nah hal itu yang membuat kita bingung. Tetapi kendala itu tidaklah berarti karena menurut saya pelanggan adalah raja, saya hanya berusaha membuat pelanggan puas dengan pelayanan yang saya sediakan.

Mengenai bahan baku, apakah mudah didapatkan?
Tidak sama sekali, karena bahan- bahan dasar dari bingke ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar- pasar. Misalnya susu, gula, coklat, santan, bahan- bahan tersebut pasti bisa ditemukan di mana saja.
 
Ada varian rasa apa saja yang anda sediakan?
Disini kami menyediakan bingke original, bingke roti, bingke susu, coklat, bingke berendam, bingke asin, bingke santan, ada juga yang rasa durian, keju. tetapi saya akan membuat variasi baru bingke rasa buah.

Pelanggan yang datang biasanya dari mana saja?
Biasanya pelanggan datang yah dari kerabat- kerabat dekat, keluarga, warga Pontianak khususnya. Akan tetapi, ada juga pelanggan yang datang dari luar Pontianak, yang kebetulan sedang berkunjung ke sini dan ingin membeli oleh- oleh khas Pontianak. tidak jarang dari mereka juga memesan via telepon dan kami bersedia mengantar (khusus Pontianak dan sekitarnya).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar