Kamis, 02 Desember 2010

Analisis Proses Pembelian


Manusia adalah makhluk social dan makhluk ekonomi, yang artinya adalah makhluk ciptaan Tuhan yang membutuhkan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhannya, termasuk juga kebutuhan ekonominya. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi. Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan komunikasi dan informasi. Perkembangan alat komunikasi saat ini telah pesat dan beragam, sehingga memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa memikirkan jarak dan waktu. Saat ini manusia dapat berkomunikasi dengan lancer menggunakan berbagai macam alat komunikasi yang juga telah mengalami perkembangan yang pesat.
Kali ini saya akan menjelaskan tentang alat komunikasi yang tentu semua orang telah mengenal dan mungkin telah memilikinya, mengingat alat ini telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi seseorang dalam menjalani aktivitasnya. Yaitu handphone atau biasa disingkat HP. Saya akan menjadikan adik saya sebagai objek pengamatan saya dalam analisis pembelian. Pertama kali untuk melakukan pembelian adalah menganalisa keinginan dan kebutuhan. Keinginan dan kebutuhan yang akan akan diamati adalah kebutuhan akan handphone oleh adik saya. Saat ini adik saya membutuhkan handphone untuk memudahkan berkomunikasi dengan orang lain. Ia menginginkan handphone yang sesuai dengan jumlah uang yang dimilikinya, sehingga ia mencari informasi atau sumber referensi mengenai jenis atau merk handphone dan harga- harga handphone, kelebihan- kelebihan dan kekurangan dari handphone tersebut dan tidak lupa harga handphone yang akan dibelinya. Informasi ini ia dapatkan di televisi, majalah, koran, brosur, atau media lainnya. Setelah menetapkan handphone mana yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah uang yang dimiliki, adik saya melakukan tahap selanjutnya, yaitu menetapkan tujuan pembelian. Adik saya membeli handphone adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan komunikasi dan informasi. Memudahkan akses internet di handphone juga termasuk tujuan adik saya membeli handphone. Mengidentifikasi cara pembayaran adalah tahap selanjunya yang dilakukan adik saya dalam proses pembelian ini, pembayarannya dilakukan dengan tunai atau kredit. Pada tahap ini adik saya menentukan untuk membayarnya dengan tunai karena handphone yang dipilih oleh adik saya sesuai dengan uang yang dimilikinya. Selanjutnya adalah mengambil keputusan untuk membeli handphone tersebut. Salah satu counter handphone yang bernama Intisel menjadi tempat tujuan adik saya membeli handphone. Setelah melakukan pembelian, adik saya merasa sangat senang dan puas karena kebutuhan handphonenya sekarang telah terpenuhi.
Dari contoh di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa proses pembelian memiliki beberapa factor yang dapat mempengaruhinya, antara lain :
a) Sikap dan kepercayaan
b) Pengalaman
c) Kebudayaan
d) Kelas sosial
e) Kelompok referensi kecil
f) Keluarga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar