Jumat, 19 November 2010

Perilaku Pasar Konsumen

Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1. Siapa, Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembelian dilakukan (INFORMASI STATISTIK)
2. Mengapa produk tersebut dibeli atau di tolak (INFORMASI PSIKOLOJIK)
3. Bagaimana proses tersebut terjadi (INFORMASI DINAMIS)
Untuk menjawab dari pertanyaan di atas dapat dijelaskan dibawah ini :

INFORMASI STATISTIK
Informasi statistik dapat menjawab dari pertanyaan siapa, apa, berapa, kapan, dimana pembelian dilakukan. Misalkan saya adalah pemilik sebuah warnet dan ingin membeli komputer baru untuk melengkapi warnet. Sebelum saya memutuskan untuk membeli, saya pasti telah menentukan komputer merk apa yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan saya. Saya memutuskan membeli komputer merk LG sebanyak 50 unit. Saya akhirnya memutuskan untuk membeli di Pasar Glodok pada senin pagi.
INFORMASI PSIKOLOJIK
Informasi psikolojik dapat menjelaskan mengapa seseorang membeli atau menolak suatu produk. Meliputio perana motivasi, persepsi, pemahaman, sikap, kepercayaan, dan kepribadian seseorang yang mendasari tindakan melakukan kegiatan tertentu. Contoh :
Saya memutuskan membeli komputer merk LG karena menurut saya computer tersebut memiliki kelebihan dari merk- merk yang lain. Harga yang relatif terjangkau dan diskon 30% setiap pembelian 1 unit komputer juga memotivasi saya untuk memilih komputer LG. Saya tidak memilih produk lain karena bentuk yang kurang menarik dan harga yang mahal dengan kualitas yang sama dengan merk LG. Pemilik toko komputer menjelaskan bahwa merk tersebut sering di beli atau lebih sering laku, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Saya juga sering melihat iklan LG sehingga saya sudah tidak asing dengan merk tersebut, selain itu orang tua saya juga memakai komputer merk LG, sehingga saya telah mengetahui kualitasnya. Pelayanan yang ramah dan baik membuat saya senang telah membeli komputer disana.
INFORMASI DINAMIK
Informasi dinamik mampu menjelaskan bagaimana proses pembelian terjadi, model keputusan pembelian, model pemberian masalah.
Contoh :
Saya membeli komputer tersebut dengan secara langsung datang ke toko komputer LG di Pasar Glodok. Saya dapat melakukan tawar menawar dengan pemilik toko yang akhirnya menemukan harga sesuai kesepakatan. Tetapi, masalahnya komputer tersebut dapat sampai di warnet saya? Akhirnya, pemilik toko yang menanggung biaya pengiriman komuter ke warnet saya.

1 komentar:

  1. bagus ya isinya .....
    gw langsung ngerti dh...

    nak gundar ya sama dunk.. tp gw bru tingkat 1 di akuntansi nya

    BalasHapus