Kamis, 19 Mei 2011

MICROSOFT ACCESS


            Sebuah program aplikasi data komputer relasional yang ditujukan utuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil dan menengah. Aplikasi ini merupakn anggota dari aplikasi Microsoft office. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet database engine.
            Microsoft accces dapat menggunakan data yang disimpan didalam format Microsoft access, Microsoft Jet database enfine, Microsoft SQL Server, Oracel database atau semua konteener basis data yang mendukung ODBC.
            Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi web dasra yang disimpan dalam server yang menjalankan micrososft internet information service (IIS) dan menggunakan Microsoft aktif server Pages(ASP).
            Bahasa pemograman yang tersedia didalam access adalah Microsoft visual basic for applications (FBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft  office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mngengakses basisi data pun disediakan, yakni Dat Access Object (DOA), yang hanya tersedia didalam akses 97 dan ActiveX Data Object (ADO) yang tersedia dalam akses-akses versi terbaru.

            Di Microsoft Access terdapat bagian-bagian sebagai berikut :
a. Table digunakan untuk menyimpan data
b. Query digunakan untuk memanipulasi data
c. Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll.
d. Report digunakan untuk membuat laporan
e. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.








OPEN OFFICE

            OpenOffice.org merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat bebas dalm hal penggunaannya dan tidak membayar sedikit pun. OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari Star office, sebuah Office Siute yang di kembangankan oleh Star Division dan diakusisi oleh Sun microsistem pada Agustus 1999. OppenOffice.org ini diluncurkan sebagai proyek sumber terbuka dengan tujuan untuk mendobrak pasar dari MICROSOFT  OFFICE dengan kelebihan seperti mudah di dapat, gratis,  berkualitas tinggi dan terbuka.  Namun dalam perjalanannya istilah OpenOffice ini ternyata adalah sebuah merk dagang yang telah dipegang oleh kelompok lein. Hal ini mengharuskan perubahan nama dari OpenOffice menjadi OpenOffice.org yang juga disingkat menjadi OOo.

            OpenOffice.org ini sendiri tidak berbeda jauh dari MICROSOFT OFFICE. Tampilannya pun dibuat menyerupai MICROSOFT OFFICE.  Hal ini di maksudkan agar para penggguna OpenOffice.org dapat beradaptasi dengan mudah.




            OpenOffice,org terdiri atas paket aplikasi  yang terdiri atas :  

ü OpenOffice.org Writer
Aplikasi ini bergelut dalam bidang pengolahan kata yang sepadan dengan Microsoft Word.

ü OpenOffice.org Calc
Berupa aplikasi lembar kerja (spreeadsheet) yang sepadan dengan Microsoft Excel.

ü OpenOffice.org Impress
Beruapa aplikasi presentasi yang atau yang sepadan dengan Microsoft PowerPoint.

ü OpenOffice.org Base
Berupa aplikasi basis data atau yang sepadan dengan Microsoft Access.

ü  OpenOffice.org Draw
Berupa aplikasi editor grafis dan percetakan.



KELEBIHAN OPENOFFICE.ORG

1.   Ketersediaan Source Code
OpenOffice.org adalah free atau open source software. Artinya, source code openOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Maksudnya pengguna tidak perlu menggunakan sepeser uang pun untuk membeli lisensi penggunaan. Ketersediaan source code juga memiliki nilai tambah. Diantaranya, kita tidak bergantung pada satu perusahaan tertentu.

2.   Berjalan pada banyak platform.
Microsoft office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Artinya jika anda saat ini menggunakan Windows dan Microsoft office dan suatu saat ingin berpindah ke Linux maka anda kehilangan Microsoft office. Sementara, openoffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, unix, BSD. Walaupun anada berpindah dari Windows ke Linux, anda akan tetap menjumpai openoffice.org dan tetap produktif.

3. Kompetibel dengan Microsoft officedan format office lainya.
               DEngan menggunakan openoffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft office. Tidak hanya itu,openoffice.org juag bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lainya. Contoh Motus, Wor Perfect dan Auto CAD.




4. Format open dokumen yang terbuka dan fleksibel.
               Openoffice.org menggunakan format dokumen open dokumen yang sangat terbuka. Dari sisi teknis, kita bahkan mungkin mengamati isi dokumen tanpa memiliki program openoffice.org terinstall.

5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
               Dengan menggunakan openoffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung di ekspor ke format lain, seperti PDF atau flash dengan mudah, tanpa membutuhkan program atau pustaka tambahan. Microsoft menyediakan plugin save as PDF(bebas download)  untuk office 2007, namun openoffice.org sudah datang dengan fungsionalitas sejak dulu, terintegrasi dan tidak hanya untuk format PDF.

6. Macro dalam b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar