Selasa, 08 Januari 2013

Presentation Layer


         Lapisan presentasi (presentation layer) adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi set karakter (ASCII,Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya. Dalam arsitektur TCP/IP yang menggunakan model DARPA, tidak terdapat protokol lapisan ini secara khusus.

Lapisan presentasi (presentation layer)
  
       Pressentation layer melakukan fungsi-fungsi tertentu yang diminta untuk menjamin penemuan sebuah penyelesaian umum bagi masalah tertentu. Pressentation Layer tidak mengijinkan pengguna untuk menyelesaikan sendiri suatu masalah. Tidak seperti layer-layer di bawahnya yang hanya melakukan pemindahan bit dari satu tempat ke tempat lainnya, presentation layer memperhatikan syntax dan semantik informasi yang dikirimkan.
         Satu contoh layanan pressentation adalah encoding data. Kebanyakan pengguna tidak memindahkan string bit biner yang random. Para pengguna saling bertukar data sperti nama orang, tanggal, jumlah uang, dan tagihan. Item-item tersebut dinyatakan dalam bentuk string karakter, bilangan interger, bilangan floating point, struktur data yang dibentuk dari beberapa item yang lebih sederhana. Terdapat perbedaan antara satu komputer dengan komputer lainnya dalam memberi kode untuk menyatakan string karakter (misalnya, ASCII dan Unicode), integer (misalnya komplemen satu dan komplemen dua), dan sebagainya.      Untuk memungkinkan dua buah komputer yang memiliki presentation yang berbeda untuk dapat berkomunikasi, struktur data yang akan dipertukarkan dapat dinyatakan dengan cara abstrak, sesuai dengan encoding standard yang akan digunakan “pada saluran”. Presentation layer mengatur data-struktur abstrak ini dan mengkonversi dari representation yang digunakan pada sebuah komputer menjadi representation standard jaringan, dan sebaliknya.

•Lapisan Presentasi (Presentation Layer)Lapisan presentasi digunakan untuk menyeleksi syntax data yang berada dalam jaringan. Lapisan presentasi juga memiliki standar encoding yang digunakan dalam pemrosesan aplikasi data. Salah satu contoh layanan presentasi adalah encoding data

•Lapisan Presentasi (Presentation Layer)Lapisan presentasi digunakan untuk menyeleksi syntax data yang berada dalam jaringan. Lapisan presentasi juga memiliki standar encoding yang digunakan dalam pemrosesan aplikasi data. Salah satu contoh layanan presentasi adalah encoding data.

Presentation layer bertanggungjawab bagaimana data dikonversi dan di format untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .GIF dan .JPG untuk gambar layer ini membentuk kode konversi, trnslasi data, enkripsi dan konversi.
Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protocol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak director (redictor Software). Seperti llayanan worksatation (dalam Windows NT) dan juga Network Shell ( semacam Virtual Network Computing) (VNC) atau Remote Dekstop Protocol (RDP).

KOMPONEN JARINGAN DAN PROTOKOL LAYER
1.     Layer 6 – Presentation
Network components: Gateway Redirector
Protocols: None

PRESENTATION LAYER

Layer Presentasi Layer 6 dari model OSI tujuh-lapisan jaringan komputer. 
Presentasi Layer bertanggung jawab untuk menyampaikan dan format informasi ke lapisan aplikasi untuk diproses lebih lanjut atau layar. Ini mengurangi lapisan aplikasi keprihatinan tentang perbedaan sintaksis dalam representasi data dalam sistem pengguna akhir. Catatan: Contoh layanan presentasi akan menjadi konversi dari file-teks EBCDIC kode ke file-ASCII kode. 
   Presentasi Layer adalah lapisan terendah dimana programmer aplikasi mempertimbangkan struktur data dan penyajian, bukan hanya mengirim data dalam bentuk datagram atau paket antara host. Lapisan ini berkaitan dengan isu-isu representasi string - apakah mereka menggunakan metode Pascal (sebuah integer panjang lapangan diikuti oleh jumlah tertentu byte) atau C / C + + metode (null-string diakhiri, yaitu "thisisastring \ 0"). Idenya adalah bahwa lapisan aplikasi harus dapat titik pada data yang akan dipindahkan, dan Layer Presentasi akan menangani sisanya. 
      Serialisasi dari struktur data yang kompleks ke dalam flat byte-string (seperti mekanisme menggunakan TLV atau XML) dapat dianggap sebagai fungsi kunci dari Layer Presentasi. 
        Enkripsi biasanya dilakukan pada tingkat ini juga, meskipun dapat dilakukan pada Aplikasi, Sesi, Transport, atau Jaringan Lapisan; masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Contoh lain adalah merupakan struktur, yang biasanya standar pada tingkat ini, sering kali dengan menggunakan XML. Serta potongan data sederhana, seperti string, hal-hal lebih rumit dibakukan dalam lapisan ini. Dua contoh umum adalah 'objek' dalam pemrograman berorientasi obyek, dan cara yang tepat yang streaming video ditransmisikan. 
          Dalam aplikasi yang banyak digunakan secara luas dan protokol, tidak ada perbedaan yang dibuat antara lapisan presentasi dan aplikasi. Sebagai contoh, HTTP, umumnya dianggap sebagai protokol lapisan aplikasi, telah Presentation Layer aspek seperti kemampuan untuk mengidentifikasi pengkodean karakter untuk konversi yang tepat, yang kemudian dilakukan di Layer Aplikasi. 
Dalam layanan layering semantik arsitektur jaringan OSI, Layer Presentasi menanggapi permintaan dari layanan Layer Aplikasi dan permintaan masalah layanan kepada Session Layer. 

Layanan :
    * Enkripsi 
    * Kompresi 

Sublayers 
Layer Presentasi terdiri dari dua sublayers: 

    * KASUS (Aplikasi Elemen Layanan common) 
    * Perangko balasan (Aplikasi Layanan Elemen Tertentu) 

KASUS 
Sublayer KASUS menyediakan jasa untuk Layer Aplikasi dan permintaan layanan dari Session Layer. Ini menyediakan dukungan untuk aplikasi layanan umum, seperti: 

    * ACSE (Asosiasi Elemen Control Service) 
    * ROSE (Operasi Elemen Service Remote) 
    * CCR (Concurrency Komitmen dan Pemulihan) 
    * RTSE (Transfer Elemen Layanan Handal) 

Perangko Balasan 
Sublayer perangko balasan menyediakan layanan aplikasi spesifik (protokol), seperti :

    * FTAM (File Transfer, Akses dan Manager) 
    * VT (Virtual Terminal) 
    * MOTIS (Pesan Teks Berorientasi Standar Interchange) 
    * CMIP (Management Protocol Informasi common) 
    * JTM (Ayub Transfer dan Manipulasi) standar OSI mantan 
    * MMS (Layanan Manufaktur Pesan) 
    * RDA (Access Database Remote) 
    * DTP (Pemrosesan Transaksi Terdistribusi) 
    * Tel Bersih (sebuah protokol akses remote terminal) 

 Protokol 

    * AFP, Apple Filing Protocol 
    * ASCII, American Standard Kode untuk Informasi Interchange 
    * EBCDIC, Extended Binary Coded Decimal Interchange Code 
    * ICA, Independen Komputasi Arsitektur, sistem Citrix protokol inti 
    * LPP, Protokol Presentasi Ringan 
    * NCP, NetWare Core Protokol 
    * NDR, Jaringan Data Representasi 
    * XDR, data eksternal Representasi 
    * X.25 PAD, Packet Assembler / disassembler Protokol 


 Referensi:


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar