Kamis, 28 April 2011

LAB INTERNET DASAR GUNADARMA

Lab Internet Dasar Universitas Gunadarma, mungkin sebagian atau banyak mahasiswa Universitas Gunadarma telah mengetahui  dan mendengarnya. Namun yang menjadi masalah, sudah tahukah anda tentang apa itu Lab Internet Dasar Universitas Gunadarma? Lalu siapa saja yang menjadi pengajar disana? Mengapa harus praktikum di sana? Apa saja yang dipelajari disana? Pentingkah?  Begitu banyak pertanyaan- pertanyaan seperti itu yang kadang merasuki mahasiswa. Nah, kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Lab Internet Dasar Universitas Gunadarma. Tentunya itu hanya berdasarkan pengalaman dan setahu saya,  karena saya juga merupakan mahasiswa baru yang ikut berpartisipasi praktikum di sana. Oleh karena itu mohon maaf seandainya masih banyak kekurangan ataupun penjelasan yang masih sangat dangkal sehingga membuat anda kurang merasa puas dengan tulisan saya. (maafin yah?)hehe
Berdasarkan namanya, LAB INTERNET DASAR UNIVERSITAS GUNADARMA adalah suatu lab yang memungkinkan mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh tentang internet. Mahasiswa baru juga dapat melakukan praktikum dengan menggunakan komputer yang telah disediakan disana. Selain itu, “labintdas” juga menyediakan fasilitas AC guna menambah kenyamanan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum. Terleletak di Kampus D Margonda Raya Depok, yaitu yang lebih tepatnya di gedung 3 lantai 2, labintdas menjadi lebih mudah dijangkau bagi mahasiswa baru yang tinggal di sekitar kampus D atau yang kos di daerah Margonda yang strategis dan merupakan jalan utama di Depok. Sehingga mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih untuk melaksanakan praktikum dan mahasiswa juga dapat lebih santai dengan letak lab yang strategis itu.
Saat pertama kali kelas saya yaitu kelas 1EB13 memulai praktikum di lab internet dasar, di bagi menjadi 2 shift. Maksudnya dalam satu kelas, kami di bagi menjadi dua sesi bagian praktikum. Shift pertama memulai praktikum pada pukul 14.30-15.30 sedangkan shift ke dua mulai praktikum pukul 15.30-16.30.
Saya sendiri mendapat bagian shift 2 yaitu pukul 15.30-16.30, kelas saya juga mendapat jadwal pada hari Rabu yang kebetulan sama harinya dengan praktikum lain tetapi beda waktu.

Kelas saya mendapat asisten lab yang bernama Akhmad Fauzi yang merupakan senior dari jurusan sistem informasi. Di Lab Internet Dasar memang ada beberapa asisten yang bertugas untuk mengajarkan kami, dan yang menjadi ketuanya adalah Ibu ERMA,  mereka adalah :
Hendi Ravasia
 Andito Wasi Guntoro
Akhmad Fauzi
Jamaris
 Tito Berlian
 Achie
Nurul Wulandari
 Fauziah
 Mita Oktawiranti
Efa
Putri
Di lab internet dasar kak Fauzi (nama asisten yang kami sapa) mengajarkan tentang dasar- dasar internet, seperti sejarah internet, search engine, mengubah domain blog yang dari .blogspot.com menjadi .co.cc , web browser, TCP/IP, konfigurasi IP, dan lain- lain. Kak fauzi menjelaskan materi dengan sangat jelas dan mau mendengarkan sekaligus menjawab pertanyaan mahasiswa seputar internet dengan kata- kata yang praktis namun benar, sehingga membuat mahasiswa jadi lebih cepat mengerti. Jujur saya, saya sendiri mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi tentang internet yang sebelumnya saya tidak ketahui. Kak fauzi juga tidak segan untuk sharing pengalaman tentang apapun di internet dengan kami. Walaupun jadwal praktikum kami hanya 3 minggu pertemuan, namun sudah banyak ilmu yang saya dapatkan dari Lab Internet Dasar Universitas Gunadarma.
Untuk saran saya kepada labintdas, agar lebih ditingkatkan kinerja asistennya lagi, keramahan asisten dan materi yang disampaikan dengan cukuop jelas agar selalu dipertahankan demi kenyamanan bersama. Maju terus Lab Internet Dasar Universitas Gunadarma, terimakasih atas ilmunya dan semoga kita selalu up to date dan dapat bersaing di era globalisasi dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih ini. Salam saya dari mahasiswa baru Fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi ini (1EB13).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar